Apa Itu Facebook EdgeRank Dan Apa Pentingnya - Sekarang ini para Blogger lagi pada ribut soal Algoritma baru dari Google yang katanya baru rilis beberapa waktu lalu . Dan ya , kita masih menungu seperti apa penyempurnaan algoritma baru itu yang kini bernama "HummingBird" . Tapi tahukah anda bahwa ternyata Facebook juga mempunyai Algoritma sendiri yang ternyata sangat harus anda perhatikan untuk lebih memaksimalkan Fanspage anda ?

Dan tahukah anda bahwa 94% para Fans anda tidak pernah lagi terlibat terhadap posting anda ?

Nah disini akan dijelaskan secara detail mengenai Algoritma Facebook yang dinamai EdgeRank .

Apa Itu EdgeRank ?
EdgeRank adalah Algoritma facebook yang berfungsi menyaring dan menampilkan Berita terbaik di News Feed .
Dan lebih simpelnya lagi adalah Facebook menyaring konten konten yang masuk ke News Feed para fans Facebook . Jika berkali-kali post yang muncul tidak ditanggapi oleh fans maka Facebook akan menghilangkan post itu dari News Feed akun yang tidak menanggapi konten tersebut .

Ya , disini Facebook memperhatikan 3 Point penting yang harus diketahui oleh para pemilik Fanspage . Dan saya pikir setiap Blogger memiliki Fanspage untuk lebih memperluas jangkauan artikel Blognya . So , setiap blogger harus tau hal ini . Meskipun belakangan banyak blog yang bilang bahwa Algoritma Facebook ini sudah tidak digunakan , namun dari data terbaru algoritma ini masih terus berjalan .

Nah Point yang Facebook nilai adalah :

  1. Affinity 
  2. Weight
  3. Decay


Kita bahas satu persatu dari point diatas

Affinity : Interaksi
Interaksi antara Fanspage dan penggemarnya menjadi toal ukur dimata Facebook tentang penting atau tidaknya konten yang dibagikan Fanspage. Semakin sering terjadi Like dan komentar pada setiap post , maka akan semakin tinggi nilai Affinitynya . Dengan skor tinggi maka kesempatan post untuk tetap tayang di News Feed para Fans tetap terjaga .

Weight : Berat
Facebook juga megukur seberapa berat nilai Post yang dibagikan . Semakin berat nilai postnya maka dianggap semakin bagus . Untuk itu disarankan untuk para pemilik Fanspage mengupload foto pada setiap Postnya . Namun meman hal itu tidak mutlak begitu , karena disini keterkaitan penggemar juga sangat dinilai .
Nilai status yang hanya berisi tulisan namun mengundang banyak like dan komentar akan jauh lebih berharga dibanding foto atau video tanpa apresiasi dan keterlibatan penggemar .

Decay : Waktu
Facebook lebih menilai kesegran post atau lebih memprioritaskan post terbaru , untuk itu algoritma Facebook melupakan posting lama . Tapi jika ternyata masih ada fans yang melirik dan tertarik terhadap post lama tersebut m kemungkinan post ama itu muncul di News Feed fans juga tingi . Dengan kata lain fans memang berkaitan sekali dengan penilaian Facebook .

Ya , karena pada dasarnya facebook adalah sosial media dimana selalu mengedepankan Interaksi , maka interaksi antara Fanspage dan para pengemar adalah hal yang paling dinilai di Facebook .

Menurut para Pemilik Fanspage , Algoritma ini dinilai tidak adil karena facebook akan menghilangkan sebagian besar tayangan post di News Feed para fans jika tidak ada interaksi di dalamnya . Dan untuk menyikapi hal itu facebook selalu mencanangkan layanan Advertising atau Promosikan Post .

Mungkin facebook mengambil keuntungan besar dari hal ini ? Entahlah . mungkin juga iya .

Ya , musti bagaiamana lagi , kebutuhan untuk pemasaran Produk memang harus bisa menjangkau jaringan dan tayangan yang luas , tapi dengan adanya algoritma ini para pemilik Fanspage merasa terbatasi dengan selalu menggantungkan interaksi penggemar . Dan harus mengeluarkan budget untuk lebih menstabilkan penayangan , padahal seharusnya budget keluar untuk mengoptimalkan , bukan menstabilkan .

Beberapa hal yang harus diperhatikan terkait EdgeRank dan kepentingannya
Sebagian besar para penguna facebook sama sekali tidakpeduli dengan perhitungan rumit dari facebok ini , meskipun semua orang berharap hasil yang terbaik . Dan dibawah ini beberapa alasan mengapa hal ini akan menjadi sangat penting .

  1. Lebih dari 96 % dari Fans tidak pernah kembali ke Facebook Page setelah Keterlibatan awal . Jika Anda berusaha meningkatkan EdgeRank Facebook Anda , peluang Anda untuk mencapai ke Fans Anda akan meningkat hingga 150 kali .
  2. Sebuah survei menunjukkan bahwa , sekitar 27 % dari semua waktu yang dihabiskan di Facebook dihabiskan melihat Newsfeed tersebut . Artinya , pengguna Facebook menghabiskan lebih dari 10,5 miliar menit total per hari Melihat Newsfeed . Karena alasan ini , Peningkatan Facebook EdgeRank pasti akan membantu Anda .
  3. Di Amerika Serikat , orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di Facebook Newsfeed dari enam Situs berita besar .
  4. Jika Anda adalah pengiklan dan ingin mengiklankan produk Anda di facebook , Anda dapat menghitung Facebook EdgeRank anda . jika ternyata nilainya jelek , benahi dengan segera , hal ini akan meningkatkan jangkauan post dan iklan atau promosi anda .
Bagaimana Cara Meningkatkan EdgeRank Di Facebook ?
Pertanyaan ini akan menjadi sangat penting ketika kita benar benar ingin memaksimalkan jangkauan dan timbal balik dari Facebook .
Dan dibawah ini adalah tips dan sekaligus jawaban dari pertanyaan diatas .

  1. Posting pendek: Sebuah survey mengatakan bahwa posting 100 sampai 250 lebih mendapat banyak like dan komentar serta perhatian dari para fans . Smentara banyak penggemar yang mengabaikan artikel panjang danmembiarkan begitu saja . Untuk itu tetaplah posting pendek semenarik munkin.
  2. Visual Post :Setiap orang lebih suka gambar daripada melulu tulisan .Terbukti lebih banyak orang yang menyukai majalah daripada Novel tanpa gambar . Untuk itu jangan pelit untuk membagikan foto atupun video . Disini anda bisa memberikan link untuk detail dengan tujuan masuk ke blog anda . Tentu ini sangat bagus juga dampaknya untuk blog .
  3. Ajukan Pertanyaan : Ketertarikan manusia terhadap kuis itu sangat besar . Untuk itu jangan sungkan untuk sesekali mengajukan pertanyaan hiburan terhadap para penggemar . Ini juga bisa jadi dijadikan sebagai vote dari pilihan materi posting yang membuat anda dilema .
  4. Posting Setiap hari : 96 % dari Fans Facebook Anda tidak pernah kembali . Untuk menghindari halitu , cobalah untuk posting setiap hari . Orang orang lebih menyukai hal hal dan berita terbaru.
  5. Jadilah Relevan: Kualitas dan Relevansi paling penting bagi pengguna . Jika Anda ingin mengiklankan merek Anda , jangan posting tentang hal itu secara langsung . Menulis dengan tujuan Promosi produk justru hanya akan menghilangkan minat para pengemar .
  6. Waktu : Postinglah secara terjadwal . hal ini akan sangat baik sebelum anda memutuskan untuk mempost materi . Perhatikan waktu anda . Jika post pertama anda dimulai pukul 9 , maka keesokan harinya usahan jam 9 anda mulai posting lagi . Penggemar akan menantikan post anda di jam 9 pada akhirnya .
Terkait Bot
Banyak orang yang akhirnya membeli LIKERS untuk lebih meningkatkan penjualan atau minimal jangkauan . Tapi perlu diingat , keterlibatan para penggemar disini amatlah penting . Kadi percuma saja anda punyabanyak penggemar jika tidak ada satupun atau sebagian besar mereka tidak melihat post dari anda .

Untuk itu usahakanlah mencari para Likers sejati yang alami .

Belum ada kejelasan dari pihak Facebook terkait Tool yang berfungsi untukmengecek EdgeRank . Namun tool ini akan banyak sekali kita temui di Internet . Dan salah satunya adalah dibawah ini . Silahkan gunakan tombol dibawah ini untuk melihat nilai EdgeRank anda .
Check Your Rank

Sebenarnya adanya Facebook EdgeRank ini bagus sekali untuk kita bisa memantau nilai setiap konten yang kita bagikan , apa itu menarik atau tidak . Dan jika ternyata konten kita buruk , maka kita bisa tau mana yang harus diperbaiki . Dan jika sudah terbenahi , otomatis jangkauan kita semkain luas dan juga pengunjung semakin banyak yang datang ke blog atau website kita . Dan dengan begitu , terserah anda mau melanjutkannya gimana .


Terkait EdgeRank
Hal ini sepertinya masih jadi perbincangan diluaran sana . Bahkan ada yang ngotot bahwa Algoritma ini sudah di tiadakan oleh pihak Facebook , dan pihak facebook sudah meluncurkan program baru , apa itu ?

Dan dibawah ii nih adalah penjelasan dari Infographid terkati EdgeRank dan tips meningkatkan yang semuanya dirangkum secara ringkas . yah , sapa tau saja penjelsan saya banyak yang salah , di gambar ini kan bene semua dan akurat .

Entahlah ... mungkin akan kita bahas di penjelasan berikutnya .

Kunjungi terus makanya biar tau seperti apa perkembangan terbaru dari tutorial blogger dan masih banyak lagi hal menarik lainnya .

Berikan komentar anda tanpa menyisipkan tautan aktif. Terimakasih