Merubah Scroll Bar , Bentuk Dan Style - Merubah Scroll Bar , Bentuk Dan Style - Hmmh mendesain blog dan website itu memang mengasikan dan tidak ada bosan bosannya . Ya , semua hal bakal kita temukan di dalam blogspot yang dirasa harus mendapat sentuhan .
Dan faktanya dan sayangnya atau sialnya juga ,setiap kali kita selesai mengedit salahs atu bagian pada blog bakal muncul kekurangan yang seolah memaksa kita untuk mengeditnya juga . Anda merasakan itu ?

Yaa saya merasakan itu dan masih terus merasakan itu sampai sekarang .

Hal Aneh Editing Template


Ada hal yang aneh yang sepertinya perlu kita lihat lagi nih .
Apa yang membuat anda memiliki template yang sekarang lagi anda edit ?
Karena mendownload di penyedia template gratisan bukan ? Haha saya juga gitu .
Kenapa mendownload template itu ?
Jawaban logis dan simpelnya adalah karena bagus dan suka .

Pertanyaan aneh terakhir beserta jawaban aneh nya adalah , Lantas kenapa di edit edit kalau dari awalnya sudah suka ?

Nah loh ... kenapa coba ?

Fakta Template Blog


Pada dasarnya semua template blogger itu sama , kenapa bisa ?
Template yang bisa digunakan di blogspot adalah template yang memenuhi standar Blogger dan itu pasti harus memiliki bagian bagian yang sudah ditentukan oleh pihak Blogger .

Dan template Blog itu selalu terdiri dari :
† Header
† Main
† Sidebar
† Footer

Dan tidak ada bedanya .
Hanya saja warna dan bentuk yang sedikit dibedakan meskipun masih dengan tatanan yang sama .

Dan Okelah memang itu faktanya .

Kenapa jadi sepanjang ini ngomongnya ...

Haha maap , sebenarnya kali ini saya mau membahas cara merubah bentuk Scroll bar di blog dengan bentuk dan warna yang sekarepe dewek .

Langsung masuk ke Caranya

Cara Merubah Scroll Bar , Bentuk Dan Style


1. Masuk ke Blogger Dashboard
2. Klik menu Template
3. Edit HTML
4. Cari kode ]]></b:skin>
5. Letakkan Css ini diatasnya .

::-webkit-scrollbar { width: 10px; background: #111; -webkit-border-radius:10px; border-radius: 10px; } ::-webkit-scrollbar-thumb { background: #fff; -webkit-border-radius:10px; border-radius: 10px; }
6. Sekarang anda simpan .

Customisasi


Disini yang bisa kita edit adalah warna dan bentuk .
::-webkit-scrollbar adalah warna rel scroll yang bisa anda ganti dengan warna lain sesuai keinginan ataupun disesuaikan dengan warna template blog yang anda gunakan .
::-webkit-scrollbar-thumb adalah thumbnail Scroll bar yang menunjukkan dimana halaman itu berada . Elemen ini bisa kita rubah wana dan bentuk nya ,
-border-radius adalah yang berfungsi untuk mengatur garis lengkung pada sudut Thumbnail Scroll . semakin besar angkanya maka akan semakin tumpul .

Review


Disini saya juga sudah mengubah Scroll bar di blog ini dengan tujuan agar tidak terlalu contrast dengan halaman blog yang legam dan remang remang,terutama di bagian Kotak kode ( tag Pre )  . Dan Hell yeee saya berhasil membuatnya serasi dan sempurna .


Lega rasanya ...
Lihat tuh yang saya tandai pake garis merah , scroll bar nya nyaris tidak terlihat dan tampil sempurna dengan kolom kode nya yang hitam .

Eits tapi entar dulu ... Janganlangsung puas gitu saja .. lihat lagi dengan baik dan seksama .

Kita menulis di Blog itu bukan hanya untuk diri sendiri toh ? Tapi buat banyak orang yang berbeda , dari Kota berbeda , Negara yang berbeda dan yang paling penting adalah Browser yang berbeda pula >.< .

Dan yaa , kita musti lihat tampilannya di browser lain , danini yang saya dapat di Godzilla Firefox .


Hayah tempilannya kok gitu :3 .

Apa yang salah ?

Chrome


Ya kabarnya Css diatas hanya berfungsi di Browser Chrome dan tidak berlaku di Firefox .
Dan dari kejadian itu biasanya kita akan mencari tau seperti apa script yang bisa mengubah tampilan itu di Firefox secara sempurna atau paling tidak mendekati apa yang ktia harapkan . Bukan begitu ?

Dan ya , kita akan kembali mengedit dan bereksperiment dan disitu nanti bakal kita temui beberapa kesalahan dan akanmelihat juga beberapa element yang kita rasa perlu untuk dirubah ( edit / modifikasi ) dan melupakan rasa suka kita saat pertama kali melihat template yang kita gunakan dan mendownloadnya . hahah


Yah , semua sh terserah anda saja mau gimana , yang jelas artikel ini sudah sedikit membantu anda untuk merubah bentuk dan warna Scroll bar di blog ( sendiri dengan browser yang mendukung ) dan tidak tampil begitu di browser yang lain yang banyak orang gunakan .

So , teruskan berkarya ,dan jika anda tau bagaimana cara mengubah Scroll bar di firefox , tolong beri tau saya .

Berikan komentar anda tanpa menyisipkan tautan aktif. Terimakasih