Niche Atau General ? Hal ini ternyata masih jadi sebuah Dilema .. Untuk saya sendiri hehe .
Sebenarnya apa sih itu Niche dan apa itu General Blog ?

Di kalangan webmaster sana hal ini sangatlah diperhatikan ,yakni mengenai Niche dan Keuntungannya atau General dengan Keuntungan dan Trafiknya .

Untuk lebih jelas mengenai hal ini sepertinya kita musti bahas pengertian Detailnya .

Niche Blog


Secara gampangnya Niche Blog itu adalah Tema Blog . Tema disini dalam artian Topik yang dimuat di dalam artikel blog secara kesuluruhan . Maksudnya adalah semua artikel yang dimuat oleh Misal blog Niche SEO , maka yang dimuat di artikelnya adalah semuanya berisi tentang SEO , Custom SEO dan semua tentang SEO dankaitannya .

Dan ternyata hal ini menguntungkan bagi si pemilik Blog . Karena kabarnya sekarang ini para Advertiser lebih cenderung mengincar Blog dengan Niche Spesifik seperti contoh diatas . Dan lagi buat si pemilik Blognya sendiri hal ini juga menguntungkan . Karena bahasan yang dimuat hanya satu dan tidak belak belok yang kadang bikin bingung .

Dari hal ini saya jadi kepikiran soal Brand dan keinget dengan apa yang dikatakan oleh Ipho Santosa terkait Niche dan Brand . Dan ini keuntungan sekali buat Niche Blogger .

Saya rada lupa , tapi gini intinya . Brand itu sangat penting , dan itu ibarat segel yang menyatukan anda dengan dunia anda . Misalnya gini , kalau kita menyebut nama Mike Tyson maka yang kita ingat pasti dia Petinju , Kalau kita sebut Mario Teguh pasti kita tahu ia adalah Motivator , meskipun misal sekarang ia jualan krupuk di pasar . Kalau kita ingat Ronaldo , maka kita langsung tau dia pemain Bola .
Ahh iya , saya ingat ... Itu adalah Pembeda Abadi menurut Ipho Santosa , dan itu sangat penting untuk kehidupan kita katanya .

Begitu juga dengan Blog Niche yang akan menjadi pembeda abadi bagi si pemilik Blognya . Kita sebut saja Kang Ismet . Kalau kita sebut Kang Ismet , maka kita langsung tahu bahwa dia Master Blog .
Misal Lagi DTE , kalau kita Ingat DTE , kita langsung ingat seperti apa ruwetnya JavaScript .

Begitu kira kira , kenapa bisa begitu ?
Karena pertama , Ismet memang selalu membahas tentang Blog dan Tutorial Blogging yang umum dan gampang buat di ikuti .
Kemudian DTE , Adminnya barnama Mas Taufik adalah blogger yang telaten sekali membahas JavaScript dan penerapannya , ia membahas dengan detail mengenai JavaScript , memberikan tutorial JavaScript dan penjabarannya . Ya , itu adalah Niche Niche mereka .
Mereka akan dikenal Mater Blog karena Niche yang mereka usung .Dan itu salah satu keuntungan terbesarnya , yakni Pembeda Abadi atau Branded .

Ingin punya Branded pada diri anda sendiri dimata orang lain ? Tentukan Niche anda sendiri .

Pemilihan Niche ini tentu bebas dan tidak terbatas , yang penting intinya adalah Spesifik dan terkonsep . Dan sebenarnya ini adalah langkah awal sebelum anda memutuskan untuk menulis artikel pertama di Blog , tapi pada faktanya hal Niche ini sering kelewatan . Termasuk juga saya :) .

General Blog


Apa itu General Blog ? Ini adalah kebalikannya Niche Blog . Dimana semua materi bebas masuk dan semuanya bisa masuk tanpa batasan Tema . Dan konsep dari Blog General adalah Tanpa Tema ( General ) . Dan biasanya Konsep General Blog itu juga tidak sengaja dibuat dengan artian tidak mengenal adanya General Blog dan Niche Blog , yang penting asal bikin Blog dan posting artikel .

Dan setelah tau ada pembahasan Niche blog baru tau kalau ternyata Blognya itu General Blog .
General Blog bisa kita temui dimanapun , dan saya rasa Dari sekian banyak Blog yang ada Di Internet sebagian besarnya adalah General Blog yang berisi segala macam artikel ( Serba ada / Campur aduk ) .

Dari segi SEO mana yang lebih bagus antara Niche Blog dan General Blog ?
Dilihat dari Konten dan keragamannya , General Blog lebih mampu bersaing di SERP karena menguasai berbagai macam kata kunci yang tentunya lebih luas . Namun kerugiannya adalah akan mudah sekali dilupakan .
Untuk Niche blog , memang lebih berat untuk bersaing di SERP dan tentu akan lebih lama dalam membangun SEO nya , tapi keuntungan jika sudah terpublish adalah orang ( pengunjung ) akan lebih banyak membuka Page dan cenderung akan kembali ke Blog tersebut .

Rangkuman


Niche Blog adalah Topik dari sebuah Blog yang konsistensinya terus dijaga . Hal ini bisa menjadi Branded di kemudian hari seiring perjalanan waktu tayangan Blog .

General Blog adalah Blog dengan Segala macam Muatan ( Kaya Konten ) dan cenderung dapat bersaing di SERP dan kualitas SEO pada awalnya , namun akan cepat dilupakan .


Ya, mungkin itu saja pembahasan hari ini mengenai Niche Dan General Blog yang mungkin saja bermanfaat untuk anda .

Saran


Membuat Blog adalah hal yang harusnya sudah di konsep sejak awal dan perihal konten itu sebaiknya adalah yang berkaitan dengan materi yang dikuasai .

Dan disini yang Recommended adalah membuat Blog dengan Niche , selain menguntungkan dalam Jangka panjang juga menguntungkan dalam segi komersil ( pemasaran ) .