Perlukah Pasang Musik Di Blog ? - Perihal penambahan gadget atau widget di blog adalah hal yang sangat membuatuhkan pertmbangan matang , apakah widget itu pelu atau tidak untuk ditambahkan di blog kesayangan .

Dan salah satu widget yang perlu dipertimbangkan pemasangannya adalah widget musik player .

Widget musik auto play adalah widget yang berfungsi memutar lagu otomastis saat halaman terbuka .

Demi menunjang karakteristik sebuah blog kadang pemilik blog menambahkan widget musik untuk mendukung tema yang dimuat pada blognya , dan ini tentu sah sah saja . Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang musik ini . Misal jenis musik dan ksesuaiannya pada blog .

Saya sering membuka blog yang memasang fitur ini dan tidak jarang juga saya menutup tab seketika itu .

Yang perlu diperhatikan dalam memasang widget musik adalah pemilihan lagu dan jenis lagu . ya , ini adalah hal mendasar yang perlu sekali di perhatikan .

Seperti yang saya katakan diatas bahwa tidak jarang saya menutup tab seketika sebelum saya membaca isi dari artikel di blog tersebut karena musik yang mengerikan .
Maklumlah , saya pakai speaker active di komputer saya dengan volume maksimal . Sehingga saat musik terbuka di blog maka akan langsung berdengung dengan volume yang kenceng pula .

Kelebihan Widget Musik
Ada beberapa kelebihan dari pemasangan widget musik di blog , diantaranya :

  1. Membuat pengunjung betah
  2. Menguatkan karakter blog 
  3. Menuambah nuansa blog lebih hidup
  4. Mengecilkan bounce rate blog


Namun selain dari kelebihan diatas masih ada kekurangan yang akan fatal bila tidak segera di tinjau
Kekurangan Widget Musik
Ada beberapa kekurangan widget musik diantaranya :
  1. Membuat pengunjung tidak betah
  2. Membuat blog terkesan alay
  3. Membuat blog tidak profesional
  4. Loading berat
  5. Bounce Rate Membengkak 


Disini kita kan membahasnya lebih lanjut mulai dai kelebihan dulu

Membuat pengunjung betah
Pengunjung blog bisa menjadi betah sekali berlama lama membiarkan halaman blog terbuka karena musik yang masih terus memutar secara otomatis . Ini bisa saja terjadi dan saya juga pernah melakukan itu , karena musiknyaenak buat di dengar .
Ada juga pengunjung blog yang akhirnya betah lama lama karena penasaran dengan judulmusik yang memutar di blog tersebut .

Karakter Blog
Dengan memasang musik yang tepat tentu akan menguatkan karakter blog dengan semua materi yang dimuat di blog tersebut .Jika lagu yang diputar sesuai dan juga enak di dengar .

Nuansa Blog Lebih Hidup
Dengan adanya musik ini akan membuat blog menjadi lebih hidup dan menarik .

Bounce rate Kurus
Bounce rate ini adalah hal yang sangat perlu sekali menjadi perhatian dari setiap pemilik Blog . Dan ini berkaitan sekali dengan peran kunjungan di blog . Semakin pengunjung anda betah di blog dan membukan banyak halaman , ini akan menyusutkan nilai Bounce rate blog . Dan widget ini mungkin berpengaruh .
Tapi cara menyusutkan bounce rate lebih tepat jika di dasari dengan materi artikel yang lebih bermanfaat .

Kekurangan
Pengunjung Tidak Betah
Jangankan betah , baru dengar intro dari musik itu saja sudah pergi dan Close tab .

Terkesan Alay
Pemasangan musik yang tidak sesuai , mungkin terlalu ramai dan kekanak kanakan justru akan membuat blog menjadi tampak alay , apalagi jika penampilan blog juga terlalu mencolok dengan perpaduan yang tidak sesuai . Pemasangan musik akan menambah status alay dari blog tersebut

Tidak Profesional
Pernah anda temui website atau blog profesional bermusik ?
Pemasangan musik ini bisa mempengaruhi profesionalitas blog  yang justru melemahkannya . Situs yang menggunakan fitur ini lebih terkesan pada blog pribadi saja . Sementar website profesional adalah website bersifat layanan .
Dalam blogging , layanan ini tentu beragam , bisa dengan memberikan info , tips dan juga tutor .

Loading
Widget musik akan memperberat loading blog dengan alasan hosting dari server luar .

Bounce Rate Membengkak
Ini berkaitand engan point pertama . Pengunjung yang datang lalu pergi tanpa alasan akan menambah nilai bounce rate dalam stats blog . Dan ini tentu bukan hal yang baik yang perlu dipertahankan . Apalagi jika blog tersebut di monetisasi , besar kecilnya bounce rate akan sangat berpengaruh di mata advertiser .

Memasang musik di blog itu boleh boleh saja dan tidak melanggar peraturan blogging sama sekali . namun sebelum memutuskan untuk memasang widget musik ada baiknya mempertimbangkan keuntungan dan kerugiannya terlebih dulu . Jangan sampai blog menjadi berat di load dan juga jenis musik terlelu nge-beat yang bikin banyak orang kabur .

Pemilihan judul lagu dan jenis lagu sangat perlu diperhatikan jika ingin memasang widget ini , sesuaikan dengan telinga banyak orang . jangan sampai blog kesayangan ditinggalkan orang sebelum artikel yang bermanfaat dibaca .


Mungkin itu saja hal yang bisa saya share terkait widget musik ini , dan jika ada yag ingin menambahkan silahkan tambahkan pendapat anda di kolom komentar .

Terimakasih sudah mengunjungi situs ini dan semoga artikel di situs ini bermanfaat .

2 comments

avatar
18 October 2013 at 22:12

kadang bikin kagett lo mass

Reply
avatar
18 October 2013 at 23:11

Bener banget sob , itu yang kadang bikin kita cepet2 close tab , apalagi kalo malem2 bukanya pake speaker pula ...

Reply

Berikan komentar anda tanpa menyisipkan tautan aktif. Terimakasih