Iklan , kalau kita bahas soal periklanan di blog dan website tentu yang terbersit dalam otak kita adalah kata "Dollar" . Dan itu memang benar , Periklanan di blog kebanyakan menggunakan satuan dollar untuk pembayarannya , meskipun sekarang sudah ada begitu banyak layanan periklanan lokal yang membayar rupiah dan ada juga yang mulai menggunakan BitCoin untuk satuan transaksinya .


Bicara soal iklan , kita akan mengenal yang namanya "Publisher" dan PPC , yakni sebuah layanan Periklanan Online dan pelaku pemasaran Produk .
Disini blogger bertugas menjadi seorang publisher iklan dari layanan yang disebut PPC ( Pay PerClick ) .

Sebaga seorang publisher tentu berbagai macam cara dilakukan agar iklan di blognya bisa di klik bahkan banyak yang klik dari mulai meningkatkan trafik kunjungan di blog sampai menggunakan cara curang untuk bertukar klik iklan yang merupakan pelanggaran.

Namun seberapa keraspun seorang publisher berusaha , yang menjadi point adalah user yang seharusnya mengeklik tapi ternyata tidak melakukan itu . Apa alasannya ???

Disini saya akan menuliskan beberapa alasan yang berhasil saya dapatkan dari survei beberapa waktu terakhir kepada para pengguna internet dan orang awam termasuk juga para Blogger .

Alasan Iklan Jarang Di Klik
Kita mulai dari yang aling awam yakni User ( pengguna internet bebas ) .

User


1. Trauma
Kebanyakan dari mereka para pengguna internet tidak paham dengan apa yang namanya Iklan dan cara kerja iklan tersebut . Mereka hanya tau bahwa iklan yang sering muncul di blog dan website hanya akan menguras pulsa mereka setelah di klik .
Hal ini tentu mengingatkan kita pada layanan Aneh yang booming di tahun 2008-2009 dimana saat kita klik link yang ternyata iklan maka akan ada begitu banyak SMS masuk yang menguras pulsa . Dan saya sempat jadi korban saat itu .
Dan mungkin mindset orang awam masih terpaku pada hal itu meskipun PPC itu tidak menggunakan system sedot pulsa , tapi siapa yang tau kalau itu adalah PPC dan apa itu PPC pun tak pernah terdengar bagi mereka dan itu sama sekali tidak penting dan bukan urusan mereka .

2. Konten Tidak Relevan
Banyak konten tidak tertarget yang muncul di periklanan blog yang menyuguhkan konten yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan artikel yang tengah dibaca user pada halaman tersebut .
Untuk itulah layanan Iklan Tertarget diberikan oleh Adsense untuk menghadirkan konten yang selalu relevan dengan materi yang dimuat pada blog atau website bersangkutan .
Tapi rupanya hal itu sering tidak di indahkan oleh pemasar iklan sehingga user merasa bahwa mereka tidak perlu mengeklik konten yang sama sekali tidak berhubungan dengan materi yang tengah mereka cari.

3. Waspada
Setelah menjalai beberapa sesi wawancara ternyata para user masih banyak yang bingung soal Cara kerja iklan di blog . Banyak diantara mereka yang bertanya "Kalau nanti saya klik terus anda ( pemilik blog ) dibayar ya ? Dibayarnya pakai apa ? Apa pakai pulsa modem saya ?".
Atau "Berarti nanti secara otomatis pulsa saya berkurang untuk membayar anda ( pemilik blog ) ?".
"Kalau begitu ya malas sekali klik iklan , nanti pulsa saya berkurang" . Kira-kira kesimpulan itulah yang sudah timbul dan tertanam di mindset para user awam .

Blogger


kalau dari blogger sendiri sudah ketahuan sekali apa yang jadi penyebab tidak mau klik iklan di blog orang lain . Dan alasannya adalah :

1. Malas
Blogger juga seorang publisher dan itu kebanyakan . Dan kebanyakan dari blogger dan hampir semua blogger tau kalau yang bentuknya animasi dan nangkringnya di Sidebar dan Header itu namanya Iklan PPC yang kalau kita klik maka si pemilik blog akan dapat uang . Dan iklan itu sendiri merupakan link yang belum tentu relevan dan kita butuhkan bakanya malas untuk klik iklan tersebut.

2. Takut
Takut ini memiliki pengertian yang beragam dari mulai takut kena jebakan malware yang nantinya berimbas buruk pada komputer dan sejenisnya . Karena sejauh ini banyak sekali PPC iklan yang mengarahkan kita untuk mendownload sebuah software yang ternyata didalamnya terdapat virus berbahaya bagi komputer .
Salah satu layanan yang seperti itu adalah AdFocus yang belakangan dicurigai Scam dan penyebar virus.

Takut yang lain adalah takut kalai si pemilik blog menjadi kaya hahah . Benarkah itu sering terjadi ???
Penyakit iri tentu tidak akan pernah hilang dalam diri manusia entah siapapun itu dan apapun kedudukannya . Dan penyakit iri inilah yang menimbulkan munculnya rasa takut , takut kalau kita klik iklan itu si pemilik blog akan jadi kaya dan sombong wkwkwk .
Mungkin begitu .

3. Sibuk
Seorang blogger itu tidak pernah punya waktu untuk yang lain sesaat setelah ia membuka halaman Edit HTML template . Ada maling tidur di sebelahnya pun bisa tidak ketahuan karena saking sibuknya ngutak-atik script html . Apalagi klik iklan yang udah jelas sekali akan menyita waktu untuk Close tab browser wkwkwk . Ya , terkadang membuka tab baru dan menutup tab baru adalah hal yang begitu berat untuk dilakukan disaat sibuk .

4. Kesal
Banyak sekali blog yang memajang puluhan iklan dalam satu halaman dengan tujuan memperbesar kemungkinan terjadinya klik . Dan parahnya ada saja yang membuat iklan itu menutupi layar sehingga mau tidak mau harus klik iklan itu untuk bisa membaca isi materi yang disampaikannya .
Tapi sayangnya , jangankan ngeklik , melihat tampilan begitupun sudah kesal duluan dan tanpa babibu langsung Close Tab . Pernah mengalami hal itu ?

5. Pelit
Hal ini masih tidak terlalu jauh dari point Takut diatas . Mati-matian pemilik blog menata dan mengatur iklan yang tampil agar mengundang klik . Tapi tetap saja kalau ternyata usernya pelit , ya harapan terjadi klik itu hanya mimpi .
Dan semoga tidak semua user di blog ini pelit .

Dan mungkin hanya itu saja yang saat ini teringat oleh saya karena datanya tidak saya catat sebelumnya . Dan perlu diingat bahwa hal yang saya sampaikan diatas tentu terlepas dari berbagai macam system dan pola yang sistematis ala webmater terkait pemasangan iklan dan penerapan target yang baik dan benar karena memang saya sendiri merasa hal itu masih menjadi momok yang perlu untuk disadari dan dibenahi untuk menciptakan kesetabilan antara si Publisher , Advertiser , User dan Provider .

Jika ada yang ingin menabahkan , silahkan tambahkan saja dan saya akan menerimanya dengan ikhlas wkwk .

3 comments

avatar
29 April 2014 at 09:20

Itu Gan , saya tidak suka yang iklan domain gratis , gak tahunya setelah buka akun , memasukkan pw dan alamat email , berbayar . itu email dan pw sama dengan blog saya , saya langsung ganti pw takut blog kenapa2 .

Reply
avatar
29 April 2014 at 14:35

Emang banyak sih gan iklan yang seolah menipu , tapi sepertinya tidak semua iklan (domain) begitu . Untuk masalah pw ( Password ) sepertinya memang harus dibedakan antara akun pribadi dan akun publik gan biar aman .

Thanks btw kunjungannya :)

Reply

Berikan komentar anda tanpa menyisipkan tautan aktif. Terimakasih