Alasan Berhenti Nge-Blog - Ngeblog itu ngapain sih ? Apa yang bisa didapat dari nge-blog ? Pernah anda nanya begitu pada diri sendiri ? Fenomena berhenti ngeblog sebenarnya sudah sejak lama sekali terjadi dan hampir selalu ada saja setiap harinya ( mungkin ) blogger yang akhirnya mundur atau minimal vakum . Seperti salah seorang teman saya yang beberapa bulan lalu begitu antusias ngeblog dan sekarang tengah vakum sambil menungu momment yang tepat untuk kembali nge-blog .

Apa yang bikin dia dan banyak blogger lain Vakum atau bahkan berhenti ? Tentu alasan mereka beragam dan hanya mereka sendiri yang tau pasti . Dan diantara alasan rahasia itu adalah beberapa alasan yang mungkin juga pernah anda alami atau bahkan tengah anda alami dan memaksa anda untuk berhenti ngeblog .
Dan begikut ini adalah beberapa alasan mengapa Blogger berhenti ngeblog

Stuck
Tidak sedikit blogger yang memulai ngeblog hanya berdasar katanya ngeblog menyenangkan , akhirnya mulai coba-coba . Dan hal yang pertama kali berhadapan dengan blogger baru adalah Interface yang begitu menarik untuk diutak atik . Tapi interface itu berkaitan dengan Script yang pasti bakal bikin mumet dan jenuh . Dan saat dia mulai stuck , just leave and Done ! . Berhenti saat itu juga , yang padahal mulai saja belom .

Tidak suka Nulis
Blogger itu penulis dan memang harus nulis , bukan blogger namanya kalau hanya comot sana comot sini . Diawal blogger ngeblog setiap hari tutorial dilahap dengan nikmatnya , sampai sampai akhirnya terlalu mumet . Saat berhenti ngurus tampilan kini tiba saat harus membuat konten , Dan itu menjadi beban karena gak suka nulis . Sesuatu yang katanya menyenangkan belum tentu akan benar benar menyenangkan toh ? orang gak suka gimana mau seneng ... ada juga jadi beban doang . Dan akhirnya memutuskan utuk berhenti . Dan itu memang seharusnya daripada terus terbebani dengan hal yang sama sekali tidak disukai .

Tema / Niche
Tema atau Niche merupakan bahasan atau topik utama yang dibawa oleh Blog . Bahasan itu juga yang akan menentukan mau kemana arah blog itu . Namun ternyata banyak blog yang dengan sengaja tidak menentukan Niche blog mereka yang pada akhirnya menjadi blog tanpa identitas . Yah semua itu dilakukan karena sepertinya berjalan dengan satu niche ( sesuai keahlian ) pada blog akan terlalu banyak memakan waktu dan energi .

Dalam hal ini perlu diperhatikan bahwa tidak masalah blog tidak mengusung Niche spesifik seperti misalnya Wisata, Kuliner,SEO,Blogging dan mengambil niche Universal seperti Info unik inspiratif , tapi tetap saja Blog bakal bertahan lama dengan adanya jalur atau garis merah yaitu Niche .

Untuk itu carilah Niche yang tepat dan anda senangi , untuk tahap awal ambil semua dan pilih mana yang paling nyaman . Dalam tahap ini layanan gratisan seperti blogspot dan weordpress.com adalah recomendasi terbaik untuk bereksperimen.

Fokus
Sekarang ini orang lagi seneng senengnya main dan eksis di sosial media seperti facebook , twitter dan masih banyak lagi . Dan ternyata layanan sosial media itu memang bersifat adiktif . Saya sendiri sering kehilangan banyak waktu saya ketika sudah terlanjur masuk di Facebook dan memulai obrolan . Dan lebih parah lagi Youtube yang memang memaksa setiap penggunanya untuk fokus terhadap halaman youtube karena kontennya Video .

Dengan begitu fokus untuk meningkatkan kualitas Blog pun hilang .
Dalam hal ini yang paling berperan adalah diri kita sendiri bagaimana cara kita membagi waktu untuk kapan kita di sosial media , dan kapan kita di menulis di Blog . Lah gimana blog bisa jalan kalo ditinggal nonton video dan chat mulu ...

Tidak sesuai target
Sekarang banyak blogger yang memanfaatkan blog untuk meraup penghasilan . Ada yang bersifat sebagai penghasilan tambahan , dan ada juga yang rela berhenti dari pekerjaannya dan fokus di Blog dan menjadikan blog sumber penghasilan utama .

Namun himpitan keadaan dan tidak kunjung hasilnya bisnis online terkadang membuat blogger takut dan akhirnya memutuskan untuk mengakhiri perjuangan ngeblog dan kembali ke pekerjaannya . Perlu diketahui bahwa dalam bisnis online apalagi Blog , itu membutuhkan kesabaran yang lebih dan juga perjuangan yang tidak bisa asal asalan . harus benar benar dan serius .
Jangan pernah berharap akan mendapatkan hasil instan dari blog apalagi hasil besar . Apalagi di awal-awal , jangankan jutaan perbulan , ratusan ribu perbulan juga sepertinya butuh perjuangan yang mengerikan .

Dalam point ini yang paling penting adalah konsistensi menulis . Selalu perbanyak posting berkualitas dan penghasilan akan terus membesar seiring berjalannya waktu .

Tidak ada Timbal Balik
Setiap orang butuh pengakuan dan apresiasi , dan itu hukum alam . Begitu juga dengan blogger . Setiap blogger ingin artikel dan hasil pola pikirnya itu tidak hanya dilihat dan ditinggal pergi begitu saja . Author membutuhkan tanggapan dari audience , dalam hal ini komentar .
Namun blog baru biasanya akan begitu susah mendapat komentar kecuali ia handal berpromosi . Dan dari kedaan itu biasanya blogger malas untuk menulis karena dirasa tidak ada yang menanggapi tulisannya .
Sehingga pada akhirnya banyak blogger yang putus asa dan berhenti menulis .

Dan dibawah ii adalah beberapa tips terkait kasus diatas yang mungkin akan bermanfaat untuk anda .

Ingat bahwa sejatinya blog adalah sarana berbagi dan penuangan hasil pikiran dan ide . Dengan begitu kegiatan blog tidaklah menjadi beban dan kegiatan blog akan semakin menyenangkan . Bukanlah memberi itu menyenangkan ?
Belajar Menulis dan perbanyak membaca . Semakin banyak membaca akan membuat kita ingin menulis . Semkin banyak tau semakin kita ingin berbagi .
Tentukan tema yang cocok untuk kita , dengan tema yang sesuai dengan minat kita maka kita akan lebih senang mambahas hal itu di blog . Bukankah kita senang mendengar atau menceritakan apa yang kita senangi ?
Bagi waktu , jangan biarkan kegiatan chating menggangu aktifitas ngeblog , disini kita perlu membagi waktu yang seimbanga antara kehidupan real pribadi dengan orang orang terdekat , untuk bersosial media dan kapan waktu untuk fokus di Blog .
Jangan berharap Sesuatu yang Instan dan terlalu antusias . Saya sudah melakukan penelitian tak tertulis mengenai antusiasme yang saya pekajari dari orang-orang sekitar saya . Dari pemantauan saya menyimpulkan bahwa semakin antusias seseorang menerima dan menjalai sesuatu , semakin cepat pula ia bosan dan berhenti . Pelan tapi pasti itu lebih baik .
Tanamkan prinip The more u give , more u get . Semakin banyak memberi maka semakin banyak menerima . Dalam point ini maksudnya adalah mengenai Apresiasi tadi . Biasakan berkunjung dan berkomentar pada blog lain . Seorang blogger yang artikelnya di komentari akan mengunjungi blog komentator dan itu sudah hukum alam . Berkomentar dengan baik apresiasi akan mengalir untuk kita .

Ada banyak sekali alasan untuk berhenti kalau kita memang ingin berhenti .
Dan kemarin saya sempat mengalami hal yang sangat logis untuk dijadikan alasan saya berhenti . Namun sampai sekarang saya masih terus berjalan . Ya , kemarin akun blogger saya kena suspend dan blog yang saya rawat dalam setahun terakhir dihapus dalam waktu semalam ,padahal nilai blog tersebut sudah cukup lumayan tinggi . Dalam hal ini ranking .

Jujur saya sempat drop menerima itu . Tapi saya yakin bahwa ketika saya kehilangan sesuatu , itu berarti saya layak untuk mendapat yang lebih baik dari itu . Dan dari keyakinan itulah saya masih terus berjalan hingga kini .

Satu point penting lagi adalah , Nikmati proses . Karena dari proses itulah anda akan menjadi apa yang anda inginkan .

Maaf jika ada banyak salah kata dan kalimat yang kurang bisa dipahami . Saya juga masih dalam proses menulis dan semoga artikel mengenai Alasan Berhenti Nge-Blog ini bermanfaat untuk kita semua .