Cara Cepat Mengganti Warna Blog  - Artikel ini terinspirasi dari artikelnya kang ismet yang bisa anda temui disini . Hehe bukan bermaksud apa - apa atau menyangkal si Master Blogger satu ini . Cuman menurut saya pribadi saya punya cara yang simpel sekali untuk mengganti warna dan bagian bagian pada blog dengan cepat . Dan pastinya tidak ribet.

Di artikel kang ismet dijelaskan cara mengganti warna Blog dengan Menggunakan Photoshop yang menurut pengalaman saya itu akan membuat komputer agak berat , karena Photoshop itu sendiri memang memakan Ram yang cukup besar dalam pengunaannya .

Belum lagi bagi yang belum punya Photoshop yang harus mendownlad dulu App segede bagong . Ya , Photoshop kan gede ukurannya .

Nah untuk menyikapi itu , menurut saya ada cara yang paling mudah kalau hanya untuk mengganti dan memodifikasi template Blogger . Yaitu dengan memanfaatkan Inspect element Chrome .
Fitur bawaan Browser Chrome ini menurut saya memang sangat berguna sekali dalam hal editing template dan sejenisnya . Malahan para webmaster sana merekomendasikan Fitur ini untuk para web developer yang mau membangun website .

Nah kali ini saya akan share cara menganti Warna atau modifikasi Blog dengan cepat dan simpel .

Pertama silahkan buka template anda ( Edit HTML ).
Kemudian buka blog anda , dan pastikan bagian mana yang harus diedit .
Disini misal saja header .
Saya pake template ini untuk percobaan .
Lihat bagian yang saya kasih tanda kotak itu .
Kllik kanan di area kosong dan pilih Inspect Element

Bakal muncul jendela baru dibawah , Lalu perhatikan bagian yang saya tandai di gamabar berikut ini .

Pilih Tombol gambar LUV dibawah ( tanda ungu ) , sampai berwarna biru .
Kemudian klik bagian yang ingin dirubah warnanya ,
Lihat kode Css yang muncul di bagian kolom kanan pada Inspect Element (tanda kotak merah ) .

Lihat kode warna yang muncul . Di template saya ini kode warnany adalah #373737 .
Langkah selanjutnya adalah Buka Template anda .
Pastekan kode yang muncul , dalam kasus ini warna yang muncul pada template saya #373737 .
Klik pada area kode dalam template dan paste kode warna tersebut
Klik enter dan bakal muncul kode yang ingin kita rubah .

Ubah saja warna dengan menggunakan Color Picker Online , atau anda bisa kesini untuk mencari kode warna . Misal kita rubah menjadi warna merah .


Copy kode yang saya beri tanda merah dan pastekan ke HTML template . Kemudian simpan , dan lihat hasilnya .

Jangan kawatir salah , karena kalau tidak cocok dengan warna yang muncul , kita bisa mengembalikan keadaan seperti semula dengan klik di area kode dan tekan Ctrl+Z .

Dan ini setelah kita ubah dengan kode warna yang baru .

Apa cara ini masih terlalu sulit ?

Silahkan di praktekan sendiri .

Inspect Element yang saya gunakan adalah Fitur dari Chrome , Firefox saya belum coba , karena bisanya firefox butuh bantuan Plugin Firebugs dan itu ribet menurut saya .

Fungsi Inspect Element banyak sekali , mulai dari edit HTML template sendiri hingga Cloning bisa dilakukan dengan fitur satu ini .

Namun jangan kebablasan dalam mengunakan fitur ini karena bisa bahaya . Dan terkait Cloning , silahkan baca artikel saya terkait Cloning website .

Sepertinya artikel ini sudah cukup sampai disini . Dan semoga bermanfaat .

Untuk kang Ismet
Terimakasih untuk inspirasi materi posting kali ini tentang Cara Cepat Mengganti Warna Blog , bukan maksud saya mau menyanggah pendapat anda yang dibilang paling cepat , dan saya yakin kang ismet juga tau soal ini dan mungkin karena beberapa alasan ia lebih memilih share Dengan menggunakan Photoshop sebagai alat bantu .

2 comments

avatar
19 October 2013 at 10:50

Pertamaxx... betul sob, saya lebih memilih PS daripada inspect element. Karena setiap posting saya selalu buka PS, untuk membuat screenshoot atau thumbnail, kecuali yang copas kali :)
jadi otomatis saya manfaatkan dalam editing.
(maaf, thumbnail posting 'http://goblogination.blogspot.com/2013/10/block-link-aktif-pada-komentar.html' ga buat kan? soalnya iru buatan saya pake PS hehehe..)
kedua.. apabila berupa link, saya print screen dengan hovernya langsung dapet..
ketiga... harus pilih class pada CSS kalau pake inspect elemen harus geser ke bawah untuk mencari class yang banyak contoh :
<div class='post-info author mark'>
harus geser trus untuk nyari 3 class
kepanjangan ya... cuma alasan saya aja sob, kenapa lebih memilih PS

Reply
avatar
19 October 2013 at 14:11

Wowowo maternya dateng dan bilang pertamax :O :D jadi malu ...

Iya saya sendiri jarang skali bikin cover artikel pake PS , alesannya ya itu tadi Kompi bisa lag kalo buka Chrome ama PS bareng2 .

kalo soal link di Inspect element juga langsung dapet kok kang ..

Sekalian ngomong ah kalo saya banyak ngambil elemen dari blognya si akang , dari inspect element ini . Moga bukan ilegal :D pan udah ijin barusan .

kalo soal geser meggeser keknya gak terlalu jadi masalah sih kang , pan pake itu 'search' buat search elementnya secara tepat akurat . Yah itu saja sih kenapa saya bilang Inspect Element lebih maknyus dan recommended . Buka PS berat :P .

But thanks for the Comment ... tersanjung ( bukan judul sinetron )

Reply

Berikan komentar anda tanpa menyisipkan tautan aktif. Terimakasih