Cara membuat Related Post pada Sidebar Blog - Sebenarnya tutorial tentang hal serupa sudah banyak beredar . Sebelum saya menulis ini saya sempat browsing dengan tema serupa untuk melihat cara apa yang para master Blogger ajarkan . Dan setelah saya buka beberapa blog/Web ternyata mereka menggunakan cara yang menurut saya sangat ribet .


Mungkin tujuannya adalah soal validasi HTML5 atau sejenisnya yang menurut mata saya sendiri hal itu bukan merupakan hal yang sangat wajib untuk dipikirkan mengingat saya tidak punya cukup waktu untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan mesin pencarian , ya lagi-lagi karena saya hanya ingin berbagi hal-hal yang saya ketahui.

Yap , dibawah ini akan saya bagikan sebuah trik atau cara yang paling sederhana untuk membuat related post berada di sidebar atau memindahkan related post yang sudah ada menjadi berada di sidebar yang pada umumna terletak dibawah posting.

Untuk membuat widget Related post berada di sidebar tentu tidak seperti halnya ketika kita memasang widget Label atau Popular post dimana hal itu udah disediakan oleh Blogger dan mudah dilakukan.
Namun untuk membuat Relatd Post berada di sidebar blog disini akan saya bagikan cara yang lebih mudah dibanding memasang widget popular post dan sejenisnya .

Baiklah , kita langsung masuk ke caranya dibawah ini

Cara Membuat Related Post Di Sidebar
*Jika blog anda sudah memiliki related post , maka anda hany perlu melihat ID dari Related Post tersebut. Biasanya ID related post seperti ini #related-post,#related_post,atau #related_posts atau mungkin ada yg lain sesuai dengan developer menamainya , silahkan sesuaikan.
*Namun jika anda belum memiliki Related post pada blog anda , silahkan ikuti tutorial memasang related post dulu karena disini kita hanya akan memindahkan related post yang seharusya berada dibawah posting menjadi terletak di Sidebar.

Disini kita memanfaatkan JavaScript sederhana dibawah ini
document.getElementById("ID-DUPLIKAT").appendChild(document.getElementById("ID-ASLI"));
Dimana ID-ASLI misal "related-post" atau semacamnya akan kita pindahkan ke ID-DUPLIKAT misal "related-side"

Letakkan JavaScript diatas diatas kode </body> pada template anda dengan format penulisan seperti ini
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
document.getElementById("ID-DUPLIKAT").appendChild(document.getElementById("ID-ASLI"));
//]]>
</script>

Simpan.

Kemudian kita harus membuat target lokasi dimana kita akan meletakkan Related post , dalam hal ini di sidebar . Sebenarnya bisa saja anda meletakkan pada bagian header jika memang pantas , tapi akan lebih sedep kalau di Sidebar.

- Buka menu layout dan pada kolom sidebar anda tambahkan widget dan pilih HTML/JavaScript.
Selanjutnya tulis divisi related post nya dengan format seperti dibawah ini
<div id="ID-DUPLIKAT"/>

Simpan.

- Sekarang anda masuk ke bagian posting dan lihat apakah related post yang awalnya dibawah posting sudah pindah ke sidebar.

Jika , iya , berarti anda berhasil !!!

Untuk melihat demo site dari bahasan ini , anda bisa klik link disni 

Metode yang sama juga bisa anda gunakan untuk memanipulasi penempatan elemen pada blog anda . silahkan berkreasi tanpa batas .

Setelah panjang lebar kita membahas masalah Cara Membuat Related Post di Sidebar, sekarang tiba waktunya untuk menghakhiri pertemuan kita kali ini.
Dan jangan lupa untuk megunjungi layanan Cloning System untuk mendapatkan pengalaman lebih dalam Blogger design!

Dan jangan lupa untuk tekan tombol share dibagian bawah post ini agar lebih banyak orang yang tau dan cara ini menjadi bermanfaat .

1 comments:

avatar
22 July 2021 at 17:08

GST Eligible List has been publihsed very soon from their official website otherwise visit to our website to view Guccho Primary Application Result our website available

Reply

Berikan komentar anda tanpa menyisipkan tautan aktif. Terimakasih