Bicara soal Clone template , sudah banyak sekali para blogger denga status "Cloner" atau apalah sebuta yang paling tepat untuk melabeli mereka itu. Sebanding dengan banyaknya para pelaku Clone , tentu lebih banyak lagi para blogger yang menjadi korban Clone yakni yang template atau desain sebagian ataupun keseluruhan yang di copy oleh para pelaku Clone.

Saya sendiri tidak menutupi identitas diri saya yang juga merupakan pelaku dan masih menjalani aktifitas tersebut terkait layanan saya yang saya buka disini dan artikel saya terkait hal tersebut yang bisa anda baca disini.

Sebagai pelaku clone saya tentu tidak ambil pusing dengan perasaan peilik desain yang saya copy , dengan catatan saya tetap menjaga perasaan si pemilik desain asli dengan tidak membabi buta menyebarkan beserta link download desain clone yang saya buat itu. Terlebih lagi saya hanya melayani pesanan yang pengiriman pun dilakukan secara eksklusif  via email.

Namun seperti apa sebenarnya perasaan para korban clone sejauh ini jika mengetahui desainnya di copy oleh orang lain ?

Tentu jawaban dalam hal ini beragam sesuai dengan kasus yang terjadi. Ada yang dongkol,gondok,marah hingga mengerahkan pasukan untuk membully pelaku clone yang mengcopy desain miliknya.

Tentu saja hal itu sangat wajar mengingat perbuatan si pelaku clone sudah sangat kelewat batas yakni dengan bahagia tnpa merasa berdosa menyebarkan desain clone itu beserta link download untuk bisa dinikmati semua orang yang lewat di blognya.

Sebenarnya hingga saat ini saya sendiri belum mengerti apa sebenarnya tujuan dari tindakan pelaku clone tersebut .

Mungkin ada dua atau lebih kemungkinan dari tujuan mereka melihat dari sikap dan karakteristik si pelaku clone itu sendiri. Ya , karakter dari pelaku clone memang beragam , ada yang menyebarkan seperti yang sya singgung diatas , ada yang menggunakannya sendiri dan lain sebagainya.

Saya Menjadi Korban Juga
Beberapa waktu lalu saya sempat berkeliling blog untuk melihat-lihat dan nyari referensi tentang kbutuhan saya dalam menulis dan berkreasi dengan blogger , di tengah perjalanan saya sempat menemui beberapa blogger yang mengambil konten di blog saya dalam hal ini diluar artikel dan menempatkan pada blog mereka .

Untuk artikel yang dicopas sih menurut saya sudah sangat wajar dan itu sudah resiko memiliki artikel bagus :v .
Ya , ini soal konten aksesoris dan desain yang ternyata di copy oleh orang lain.
Melihat hal itu , lantas apa yang terjadi dengan perasaan saya ?

Ekspresi pertama yang muncul adalah tertawa.
Benar , tertawa . Heran dan sedikit bingung bahkan beberapa kali hampir hilang kesadaran .
Yang membuat saya tertawa adalah "Kenapa???"
Ya , kenapa hal itu di copy ? apa itu cukup menarik ? padahal saya juga dapat dari sebuah tutorial css yang sebenarnya itu tidak terlalu berguna untuk blog , ehh ternyata bagi orang lain menarik.

Darimana saya tau kalau mereka mengcopy dari blog saya sementara saya hanya mengikuti tutorial ?
Hehe , karena untuk warna dari elemen itu sudah saya sesuaikan dengan warna template saya dan sangat berbeda dengan konten asli pada demo tutorial , dan sudah saya modifikasi serta penamaan yang saya rubah .
Dan ketika saya melihat hal itu ada di blog orang lain , saya juga sempat memastikan untuk melihat kodenya dan memang benar benar itu milik saya :v ...

Perasaan selanjutnya yang kemudian ikut muncul adalah percaya diri dan bangga bahwa ternyata apa yang saya miliki begitu menarik untuk orang lain.
Perasaan apalagi coba yang akan muncul ketika seseorang menyukai sesuatu yang kita miliki ? Pasti senang toh ? Ya semacam itu.

Lalu bagaimana jika keseluruhan desain kita di clone oleh orang lain ?
Saya sempat menemui juga hal tersebut , dan yang saya rasakan saat itu tetap sama seperti apa yang saya katakan diatas . Tidak ada sesuatu yang spesial , dan itu hal yang sangat wajar ketika kita merasa senang apa yang kita buat bisa dinikmati orang lain.

Desain adalah Identitas
Banyak bahkan hampir semua Blogger mengatakan bahwa Desain blog adalah sebuah identitas dari blog itu sendiri.
Saya setuju dalam hal ini. Sebuah desain memang identitas dan gambaran karakteristik dari sebuah blog dan si pemilik blog tersebut .
Namun jika pelaku clone megcopy desain atau identitas dari blog kita lantas apa yang bisa kita lakukan ? Marah-marah dan melarang orang2 aneh itu menggunakan desain kita dan mengerahkan seluruh blogger lain untuk membully orang2 aneh tersebut ?
Bukankah itu membuang-buang waktu ?

Menurut saya , hal yang paling wajar adalah dengan mendesain ulang atau sedikit modifikasi dan membuat proteksi file agar supaya apa yang kita miliki tidak bisa diganggu gugat .
Namun pertanyaannya ... apakah itu efektif ?

Jelas tidak.
Tidak ada privasi dalam hal desain blog karena semua elemen bisa diakses dan harus diizinkan untuk semua orang bisa mengakses jika ingin blog kita terlihat dimata pengguna internet.
Jika tidak ingin ada orang yang melihat ya lebih baik tidak usah membuat blog atau buatlah desain yang standar dan bahkan buruk biar tidak ada yang menginginkan desain blog kita.

Pada intinya , sikap yang berlebihan menanggapi perilaku clone tidaklah suatu perbuatan yang bijak dan haya membuang-buang waktu dan justru akan memancing orang lain untuk berbuat yang lebih buruk dan mengotori halaman internet .

So, jika anda menjadi korban clone , sikap apa yang akan anda lakukan dan apa yang akan terjadi pada perasaan anda ?

Mau share cerita ???




Berikan komentar anda tanpa menyisipkan tautan aktif. Terimakasih